Mengenal Kayu Sengon Solomon

Mengenal Kayu Sengon Solomon adalah artikel pertama Blog Sengon Solomon. Pohon Kayu Sengon Solomon berukuran besar, tinggi dapat mencapai 40 m, tinggi batang bebas cabang 20 m. Tidak berbanir, kulit licin, berwarna kelabu muda, bulat agak lurus.

Pohon_Sengon_Solomon

Diameter pohon dewasa bisa mencapai 100 cm atau lebih. Tajuk berbentuk perisai, jarang dan selalu hijau. Kayu Sengon Solomon teras berwarna hampir putih atau coklat muda pucat (seperti daging) warna kayu umumnya tidak berbeda dengan kayu teras. Teksturnya agak kasar dan merata dengan arah serat lurus, bergelombang lebar atau berpadu.

Permukaan kayu agak licin atau licin dan agak mengkilap. Untuk kayu yang masih segar mengeluarkan aroma petai, tetapi bau tersebut lambat laun hilang jika kayunya sudah kering.

Kayu sengon termasuk dalam kategori kelas awet IV/V dan kelas IV-V. Kayunya lunak dan mempunyai nilai penyusutan dalam arah radial dan tangensial berturut-turut 2,5 persen dan 5,2 persen. Kayunya dapat dikering kan dengan cepat tanpa cacat yang berarti.

6 comments

Kayu ini biasa digunakan untuk apa ya... Shin

Banyak sekali kegunaannya Mas, apalagi kalau sudah dibentuk jadi kayu olahan berupa papan

Kayu Sengon Solomon. Saya Baru tahu nama kayunya mba..
Moga tulisannya bermanfaat dan blognya tambah maju..

Terimakasih Mbak Santika

kok itu yang dipoto daunnya beda ya dengan sengon biasa

Itu daun pohon yang ada didekatnya Mang, Daun sengon kecil-kecil