Jenis Tanaman Tumpang Sari Sengon Solomon

Kita sudah mengetahui Fasilitas Produksi Bibit Sengon Solomon Kultur dan Spesifikasi dan Harga Bibit Sengon Bio Solomon kali ini Sengon Solomon share Jenis Tanaman Tumpang Sari Sengon Solomon. Tanaman tumpang sari adalah tanaman campuran (polyculture), pelibatan dua jenis atau lebih tanaman pada satu area tanam.

Sengon_Solomon_Tumpang_Sari

Mengingat masa panen Sengon Solomon 5 tahun Tanaman Tumpang Sari Sengon Solomon sangatlah penting, karena dari tanaman tumpang sari inilah ada pendapatan selama menunggu masa panen. Dari tanaman tumpang sari ini pengusaha bisa memperoleh pendapatan jangka pendek baik bulanan, tiga bulanan maupun empat bulanan.

Manajemen tumpang sari dalam sistem budidaya Sengon Solomon mempunyai fungsi ganda. Di samping memberi pendapatan jangka pendek kepada perusahaan, tumpang sari berfungsi sebagai alat yang bisa memberi gaji bulanan kepada penggarap

Sekedar mengingatkan bahwa dalam sistem intensifikasi tinggi yang diterapkan perusahaan mewajibkan dalam luasan 1 ha kebun Sengon Solomon harus ada penggarap atau pemeliharanya satu orang. Simak Foto Bibit Sengon Solomon.

Jenis Tanaman Tumpang Sari Sengon Solomon
  1. Bayam
  2. Kangkung
  3. Sawi
  4. Cabai Rawit
  5. Jagung
  6. Kacang Panjang
  7. Sereh Wangi
  8. Nilam dan
  9. Pala (Lingkaran terluar Perkebunan Sengon Solomon)
Jangan menanam tumpang sari jenis Singkong, kacang tanah, dan kayu keras sejenis seperti petai, jengkol, rambutan, mangga dan durian. Untuk tujuan tertentu memang ada yang menyela Sengon Solomon dengan Mindhi, tapi kami tidak menyarankan itu dilakukan.

Di areal yang ada tumpang sarinya, tanaman Sengon Solomon tumbuh bagus. Karena tanaman Sengon Solomon otomatis menjadi terawat. Kebijakan tumpang sari tentu mengimbas pada pola jarak tanam. Buat jarak tanam ideal 3 m X 3 m. Dengan begitu pada jarak yang 3 m bisa dipakai untuk tumpang sari.

10 comments

Jadi hanya bisa berdampingan dengan tanaman sayur y Mbak...

Jenis tanaman tumpang sari Sengon Solomon, harus menghindari tanaman yang rakus terhadap unsur hara tanah

Karena sengon solomon panennya 5 tahun, sehingga pengusaha mesti punya penghasilan jangka pendek ya Mbak, jadi solusinya bisa ditumpang sari dengan bayam, kangkung, dan lain-lain yang dicantumkan di atas... :D

Tanaman nya sungguh sangat berguna bahkan bisa dipadupadankan dengan tanaman lain :)

Dengan menerapkan tumpang sari di Perkebunan Sengon Solomon, kita mendapatkan hasil ganda Mas, Pertama hasil dari tumpang sari dan kedua Pohon Sengon Solomonnya lebih terawat

Jenis Tanaman Tumpang Sari Sengon Solomon hasil ganda

sebenernya males komen gini tapi susah cari yang tepat sih : nice inpoh kang
aku selama ini gatau lho kalau gak baca di blog ini

Ya, ga apa-apa Mbak Ninda

Aku kurang ngerti masalah tanaman mbak ._. Ini aja aku baru tau istilah tanaman tumpang sari sengon salomon :'

Sama Mas, shinta juga baru belajar